Jalur Pendakian Puncak Gunung Papandayan Garut,Keindahan Padang Edelweis

 
Jalur Pendakian Puncak Gunung Papandayan Garut,Keindahan Padang Edelweis
GUNUNG PAPANDAYAN GARUT

Gunung Papandayan – merupakan gunung yang cocok bagi pendaki pemula. Namun bukan dibilang gampang aja, karena gunung ini memiliki jalur yang lumayan menantang,tantangan apa ? ya jelas sebagian dari gunung ada yang menanjak dan berbatuan, beda dengan gunung bromo dan gunung pendek lainya yang mudah bisa diakses dengan berkendara.

Gunung papandayan gunung yang terletak di kota Garut,jawa barat, yang memiliki ketinggian 2.622 meter diatas permukaan air. Gunung yang terbilang cocok bagi pemula dibandingkan gunung arjuno,semeru yang mana gunung tersebut mempunyai ketinggian di atas 3000 meter diatas permukaan laut. Memang kebanyakan pendaki yang mendaki di gunung ini tergolong pemula,namun pendaki harus menjaga fisik dan mental juga. Terutamanya bagi para pemula jangan sampai meremehkan ya.

Keindahan Gunung Papandayan Garut

Keindahan gunung garut terkenal dengan adanya padang bunga edelweis. Lokasi padang edelweiss berada di Tegal Alun. Disini para pendaki tidak akan melewatkan untuk berdokumentasi dengan berfoto-foto. Panorama yang indah dan sejuk akan tumbuhan yang lebat. Untuk sampai di lokasi padang edelweiss ini sebelumnya akan melewati hutan mati. Padang bunga edelweiss merupakan salah satu padang yang terdaftar 5 terbaik padang bunga terbaik di Indonesia.

Baca Juga :  Keindahan Danau dan Kaldera Terluas di Dunia,Gunung Batur Kintamani Bali.

Kemudian keindahan selanjutnya anda akan bertemu dengan kawah gunung papandayan. Lokasi kawah gunung tak jauh juga. Dari lokasi parkiran pos pendaftaran ke kawah gunung hanya mempunyai jarak sekitar 300 meter,akan tetapi perjalanannya bebatuan yang mana batu batu tersebut bekas kawah letusan gunung papandayan purba.

Fasilitas Gunung Papandayan

Untuk fasilitas gunung ini juga sudah lengkap yang mana nantinya tiap pos pos gunung papandayan banyak yang berjualan di warung-warung juga terdapat kamar mandi dan mushola.makanan yang biasanya tersedia di warung ini makan instan seperti roti,mie instan dan jajanan yang instan lainya. Namun ada juga nasi kuning dan gorengan.

Kebanyakan dari pendaki yang membutuhkan air minum. Karena air minum adalah pokok asupan energi dalam perjalanan.tapi jangan kawatir tiap warung di pos ini sudah tersedia air minum. Dan bagi anda mau air sumber asli juga ada banyak kok sumbernya yang bisa di buat minum. Factor fasilitas yang lengkap akan menjadi daya tarik bagi pendaki pemula untuk mengunjungi gunung ini.

Jalur Pendakian Puncak Gunung Papandayan Garut.

Sebelum memulai berpergian ke gunung ini saya sarankan anda untuk mempersiapkan barang yang lengkap dan bagus,seperti halnya sepatu, sepatunya harus bagus dan kuat karena kalau sepatu murahan ya, takutnya nanti bisa lecet di bagian telapak kaki. Karena jalurnya sangat banyak batu-batu lancip yang bertebaran di jalur pendakian.batunya bewarna putih kekuningan yang hasil dari kawah letusan gunung. Dan juga nantinya anda jangan terpacu untuk membeli makanan di pos gunung saja.karena kebanyakan makanan tersebut kurang bergizi. Diperjalanan sebelum pendakian ada pasar yang banyak sekali berjualan buah-buahan anda bisa beli disitu. Oke langsung saja kita mulai perjalananya.

Memulainya di Jakarta

Dari Jakarta kita akan berpergian ke terminal kampong rambutan. Disini busnya banyak yang standby selama 24 jam. Anda bisa memilih bus yang bertujuan ke arah garut.dengan biaya 55.000 yang akan menrunkan anda di terminal Guntur garut.

Setelah anda akan naik angkot yang bertujuan ke Cikajang, kemudian ke pak supirnya supaya minta turun di alun alun Cisurupan.di alun alun ini anda tidak akan menemukan sebuah mobil angkutan melainkan hanya jasa ojek dan mobil carteran,jika anda berombongan anda bisa menyewa mobil carteran dan bagi anda yang tidak berombongan anda bisa memakai ojek.

Setelah sampai parkiran papandayan anda akan ditarik harga 10 ribu untuk masuk ke area parkiran. Kemudian anda akan mendapatkan kartu bukti pembayaran yang akan disetorkan nanti ke pos pendaftaran

Menuju Ke Kawah Gunung Papandayan.

Untuk pendakian dari pos pendataan menuju ke kawah memliki jarak kurang lebih 300 meter dan memakan waktu 20 menit. Di jalur ini terdapat batu kecil yang bertebaran. Jalurnya landai dan tidak seberapa menantang. Banyak pepohonan di samping jalur. Akan tetapi jika sudah mendekati kawah jalur akan menjandi gersang dan itu juga akan terlihat kawah gunung yang mengeluarkan asap putih.

Disaat sampai di kawah gunung anda bisa break di warung pos. disitu anda bisa membeli makanan dan berfoto dengan kawah yang berpanorama alami.

Menuju Ke Pos II

Perjalanan menuju ke pos II awal perjalanan akan melewati jalan lebar dan masih banyak batu kawah yang berbatu. Setelah itu akan melewati jalur turun setapak yang bisa muat untuk satu orang. Untuk perjalanan turun anda harus berhati-hati karena itu merupakan jalan bekas longsoran. Setelah itu anda akan menemukan sebuah sungai kecil yang jernih dan segar. Anda bisa mengambil air tersebut untuk kebutuhan pokok dalam perjalanan.

Sesudah dari sungai anda langsung menghadapi jalur menanjak yang mana tanjakan tersebut akan membawakan anda ke pos II.

Di pos II mempunyai sebuah halaman yang luas, bisa buat ngecamp dan break, selain itu juga terdapat warung yang menawarkan makanan seperti halnya pada Pos I. Pos II biasanya di kenal dengan Gober Hut

Di pos II nantinya anda akan menukan jalur pendakian gunung via pangalengan,bandung. Akan tetapi jarang pendaki yang memakai jalur tersebut karena fasilitas dan keindahan gunung lebih dominan di jalur pendakian via Cisurupan,garut.

Menuju Ke Pondok Saladah

Di perjalanan ini anda akan melewati sebuah hutan yang gelap dan berkabut.di pondok saladah ini banyak dari pendaki yang menginap disini.lalu paginya mereka lansung mendaki lagi ke puncak gunung.

Di pondok saladah juga terdapat warung dan halaman luas cocok untuk ngebreak dan ngecamp, selain itu pula terdapat kamar mandi. Di pondok saladah juga terdapt bunga edelweis di sekitar pondok saladah. Akan tetapi masih luas di alun tegal alun

Menuju Ke Hutan Mati

Perjalanan menuju ke hutan mati tak terlalu menanjak dan membutuhkan kurang lebih 1 jam dari pondok saladah.

Sesudah sampai di hutan mati anda akan menumukan suasana gunung yang berkabut dan banyak pohon yang tak ada daunya. Pohon ini dulunya ada daunnya tapi sejak gunung ini meletus hangus deh. Untuk perjalanan ini juga harus hati hati karena banyak jurang.

Menuju Ke Tegal Alun

Untuk jalur selanjutnya kita akan menuju ke tegal alun. Dari pintu hutan mati kita akan memilih arah ke selatan atau ke kanan. Jalur tersebut sempit dan pas untuk satu orangatau jalur setapak. Tegal alun bertanda bahwa disitu nanti ada halaman luas atau disebut dengan padang edelweiss. Jalurnya menanjak.

Sesampai di tegal alun anda bisa berfoto sejanak karena inilah keindahan gunung yang termasuk padang daftar 5 terbaik di seluruh Indonesia.

Puncak Gunung Papandayan Garut

Dan inilah puncak gunung yang mempunyai pemandangan yang indah dan bagus.

Baca Juga :  Jalur Wisata Pendakian Gunung Argopuro,Misteri Gunung Argopuro Yang Terselubung

Oke terimakasih untuk kamu sahabat bolang yang menyempatkan membaca artikel ini tentang pendakian gunung papandayan garut. Bagi kamu yang suka artikel ini bisa share ke teman teman kamu yang suka dengan pendakian,tapi bagi kamu yang tak suka bisa memberi saran di bawah untuk berkomentar. Terima kasih sahabat bolang.

Related Posts:

0 Response to "Jalur Pendakian Puncak Gunung Papandayan Garut,Keindahan Padang Edelweis"

Post a Comment