Mengenang Sejarah Letusan Gunung Tambora yang Mengalahkan Kedasyatan Gunung Krakatau

Mengenang Sejarah Letusan Gunung Tambora yang Mengalahkan Kedasyatan Gunung Krakatau
GUNUNG TAMBORA


Gunung Tambora adalah gunung berapi yang berlokasi di 2 kabupaten yaitu Dompu dan Bima, provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung ini pernah meletus yang sangat dasyat terjadi pada tahun 1815 pada bulan april. Dahulu kala gunung ini mempunyai ketinggian mencapai 4.300 meter di atas permukaan air laut. Pada saat melutusnya gunung ini menyisakan kaldera gunung yang sangat besar.

Ketika letusan itu usai gunung tambora menjadi separuh dengan ketinggian 2.851 meter diatas permukaan laut.

Waktu Kejadian Meletus

Gunung tambora meletus pada bulan april tanggal 10 tahun 1815,awalnya ketika jam 7 malam warga lereng gunung terasa dengan goncangan tanah yang bergemetar, di waktu itu juga masyakat banyak yang melihat dari jauh gunung tersebut memuntahkan api dan abu hitam.sesampai 5 hari gunung tambora menyemburkan larva volcano ke lereng gunung.sangatlah dasyat, saking dasyatnya desa desa di sekitar gunung tambora lenyap seketika.hancur lebur.

Konon letusan gunung ini memakan 3 kerajaan yang berjarak kurang lebih 35km dari gunung dan hancur lenyap. Kena abu volcano dan larva gunung beserta batuan yang terbang menghantam kerajaan tersebut.

Gunung tambora memakan korban sangat besar jumlahnya yaitu sekitar 117.000 korban jiwa. Ini merupakan korban besar di desa desa lereng gunung. Terutamanya banyak warga dari 3 kerajaan tersebut yang tewas,

Banyak orang mengira bahwa 3 kerajaan tersebut aman dari letusan gunung karena jarak gunung ke 3 kerajaan tersebut jauh. Akan tetapi letusan tersebut bukan hanya menerka 3 kerajaan saja, melainkan menimbulkan sunami yang dasyat di berbagai pantai di Indonesia.

Dampak Abu Vulkanik Gunung tambora mengeluarkan abu vulkanik sampai ke daerah jauh dari dalam maupun luar negri. Abu vulkanik ini akan mengganggu masyarakat dalam maupun luar negri.

 Baca Juga : Jalur Pendakian Puncak Gunung Papandayan Garut,Keindahan Padang Edelweis

Oke terimakasih bagi kamu sahabat maribolang yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel tentang Gunung Tambora, semoga bermanfaat ya.

Related Posts:

0 Response to "Mengenang Sejarah Letusan Gunung Tambora yang Mengalahkan Kedasyatan Gunung Krakatau"

Post a Comment