KEINDAHAHAN GUNUNG DEMPO DI KOTA PALEMBANG WILAYAH PAGAR ALAM SUMATRA SELATAN


GUNUNG DEMPO
GUNUNG DEMPO


Gunung Dempo – merupakan gunung yang terletak di sumatra selatan di ibu kota Palembang. Gunung ini juga salah satu gunung tertinggi diantara gunung sumatra selatan yaitu dengan ketinggian 3.195 mdpl. Gunung dempo masih aktif atau berapi dan masih sering mengeluarkan asap serta mengeluarkan sedikit lumpur ke lereng gunung atau di kaki gunung,selain itu juga gunung dempo mempunyai jejeran gunung dengan gunung merapi. Gunung ini mempunyai daya tarik yang sangat luar biasa terhadap para pendaki diantaranya adalah mempunyai pemandanganyang sangat indah dan menawan dengan adanya kebun teh yang luas beri ribu hektar yang mengelingi lereng gunung dempo dan terdapat juga sebuah kawah yang sangat indah untuk di pandang serta bisa berubah rubah warna seketika saat dan waktu-waktu tertentu,terkadang bewarna putih,bewarna biru,hijau. Kemudian yang lain keunikannya adalah desa kampung Ampat yang mana desa ini merupakan desa yang paling dekat dengan gunung dempo,salah satu keunikannya adalah masyarakat sekitar desa ini adalah berasal dari suku jawa dan merekapun sering memakai bahasa jawa,karena masyarakat di kampung ini banyak yang keturunan para transmigran dari daerah jawa. Gunung Dempo adalah salah satu target pendakian. Lebih  terkhusus orang sumatera (palembang, bengkulu, lampung dan sekitarnya) untuk mendaki gunung dempo sudah merupakan hal yang biasa karena gunung ini memang ramai dan sering dikunjungi oleh para pendaki yang berasal dari daerah sekitarnya maupun orang luar pulang dan mancanegara. Tidak ada ijin khusus untuk mendaki gunung ini, hanya lapor ke kepolosian setempat.

Keindahan Kawah Gunung Dempo

KAWAH GUNUNG DEMPO
KAWAH GUNUNG DEMPO

Meskipun tadi diatas udah dijelaskan tentang kawah di gunung dempo,kita masih akan jelaskan lagi tentang kawah karena diantara yang paling enak diulang tentang penjelasan tentang gunung ini adalah kawah gunung dempo.

Kota Palembang adalah Ibu kota dari Sumatera Selatan, gunung ini terkenal dengan banyak pendaki Karena keindahan kawahnya,dikarenan gunung ini mempunyai kawah yang unik dan enak untuk di pandang.  

Gunung Dempo yang ternotabene gunung tertinggi di pulau sumatra dengan ketinggian 3.159 mdpl, kawahnya yang bisa berubah warna pada waktu-waktu tertentu. Warna kawahnya terkadang putih , biru atau hijau. Biasanya para pendaki yang paling di sukai untuk berfoto yaitu bertempat dbukit atas kawah gunung dikarenakan tempat itulah yang mepunyai panaroma keindahan gunung yang luar biasa,apalagi ketika para pendaki mengerti perubahan warna kawah pasti mereka mempunyai sensasi keindahan gunung ini tersendiri.

Jalur Pendakian Gunung Dempo

GUNUNG DEMPO
PEMANDANGAN  GUNUNG DEMPO

Untuk melakukan pendakian gunung dempo kita harus agak berhati hati karena trek gunung ini agak menanjak dan juga kita sarankan untuk berolahraga sebelum mendaki agar badan fit dan kuat karena gunung ini lumayan tinggi dan trek lebih jauh dan panjang.

Awal pendakian kita memulai di kampung terdekat dengan gunung yaitu kampung ampat,kemudian kita akan berjalan menuju gerbang pintu hutan rimba,jalanya masih berupa aspalan dan berkerikil yang berada di keliling kebun teh,habis itu menuju plang perhutani. Kemudian kita akan masuk ke hutan lereng bawah gunung,hutan ini masih terdapat banyak kebun teh dan semak semak yang lebat.kemudian menuju jalur gorong – gorong yang mana jalur ini lumayan ekstrim dan terjal di shalter ini terdapat sebuah sumber air.selanjutnya yaitu menuju ke shalter 2 dan jalanyapun masih menanjak dan ekstrim serta jalur ini berupa akr – akaran , waktu menuju shalter 1 ke shalter 2 kuarang lebih 50 menitan. Di shalter dua hanya cukup unutk 3 tenda untuk break. Disini juga masih terdapat sumber air. Habis itu kita akan menuju puncak gunung dempo.dari shalter dua menuju puncak kita akan melewati dua jalur yang mana kita bisa melih jalan itu serta trek atau jalan tersebut masih menanjak dan banyak pohon pohon kecil yang berlumut,teknik scrambing masih sangatlah di butuhkan ada awal pendakian ini.menuju puncak dempo.

Baca Juga : KEINDAHAN PANTAI PANGANDARAN JAWA BARAT CIAMIS

Oke sahabat MariBolangYuk terima kasih atas kunjungannya dan membaca artikel KEINDAHAHAN GUNUNG DEMPO DI KOTA PALEMBANG WILAYAH PAGAR ALAM SUMATRA SELATAN jangan lupa ya untuk berkunjung lagi tentang segala informasi wisata seluruh indonesia.good bye....!!!.

Related Posts:

0 Response to "KEINDAHAHAN GUNUNG DEMPO DI KOTA PALEMBANG WILAYAH PAGAR ALAM SUMATRA SELATAN"

Post a Comment