Pemandangan Laut yang Unik di Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta dan Kisah Sejarah Misteri Kerajaan Pantai Selatan

Pemandangan Laut yang Unik di Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta dan Kisah Sejarah Misteri Kerajaan Pantai Selatan
Pemandangan Laut yang Unik di Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta


Hallo sahabat maribolangyuk.apakabar? di sesi kali ini admin akan menginformasikan anda sebuah wisata pantai yang unik dan enak untuk dikunjungi. Yang mana sebuah wisata yang terletak di Yogyakarta daerah pesisir. Wisata ini sangatlah terkenal di provinsi Yogyakarta. Karena di wisata ini memiliki panorama dan sejarah – sejarah yang unik dan pantas kita kunjungi dan telusuri. Selain terkenal dengan wisata yang berbau spiritual wisata ini terkenal dengan permainan pantai lo. Seperti halnya snorkeling diving dan menikmati sunset dan sunrise di sore dan di pagi hari. Maka dari itu saya sarankan baca sampai habis ya artikel tentang Pemandangan Laut yang Unik di Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta dan Kisah Sejarah Misteri Kerajaan Pantai Selatan

Di pantai ini tak akan lazim gaes kalau kamu berkunjung sendirian, ya itu menurut saya dengan alas an takutnya kamu kesepian dan punya teman untuk di ajak bermain dan menikmati keindahan. Oleh karena itu alangkah baiknya kamu mengajak kekasih,keluarga atau teman-teman agan yang mempunyai keinginan berlibur ke pantai. Pantai ini dijamin deh keindahan dari terbenamnya matahari tak kalah dari pantai kuta bali. Ya meskipun pengujungnya di pantai kuta bali terkenal banyak dari turis, tapi aku berani jamin kok gaes kalau kamu kesitu puas deh.

Daya tarik dan minat dari pengunjung di pantai parang tritis ini adalah sebuah keindahan gumuk pantai atau bisa disebut dengan gurun pasir. Kamu kalau berkunjung di pantai ini nanti kamu akan merasakan di Negara afrika karena pantai parangtritis memiliki lautan pasir yang luas dan meliki udara yang hangat.

Salah satu phenomena alam dari wisata jogja yang merupakan mempunyai kekuatan elemen yang unik adalah gunung merapi,keratin kesultanan dan pantai parangtritis. Para masyarakat jogja sering menyebut dengan kekuatan trimurti. Yangmana gunung merapi mempunyai sebuah kekuatan elemen api sedangkan pantai parang tritis mempunyai sebuah elemen air dan keraton kesultanan merupakan sebagai penyeimbang kedua elemen tersebut. Ketiganya berjajar dengan garis urus yang mana mempunyai satu garis yang berjejer dari utara ke selatan dan membawa udara yang bagus.Maka dari itu tak disangka bahwa bahwa pantai ini memiliki kontribusi bagi masyarakat Yogyakarta.

Usut punya usut pantai parangtritis adalah salah satu gerbang utama istana kerajaan laut selatan gaes. Waw ngeri.hhee . yang mana kerajaan tersebut dipimpin oleh kanjeng dimas eh salah maksud saya kanjeng ratu kidul. Konon juga menurut warga sekitar pantai kamu kalau berkunjung jangan memakai pakaian yang berwarna hijau gaes. Karena kanjeng ratu kidul suka sama yang berwarna hijau entah agan percaya atau tidah lebih baik saya sarankan jangan pakai ya. Nanti takutnya ada apa gitu. Nanti deh kita lanjutkan sebuah sejarah pantai parangtritis.

Untuk kamu gaes yang ,mau berkunjung ke wisata ini kamu hanya mengeluarkan uang 3.500 rupiah gaes untuk satu orang gak mahalkan. Bagi kamu kalau mau berkunjung di wisata ini saya sarankan pada sore hari karena nantinya kamu bisa merasakan sensasi sunset.hhee

Keindahan Pemandangan Laut yang Unik di Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta 

Foto Dari : favim.com

Pengunjung pantai parangtritis kebanyakan dari para potografer yang sedang hunting di pantai ini. Pantai yang sangat indah pemandangannya seperti halnya keindahan ombak dan dan gurun pasir yang luas. Disini kamu bisa mengambil sebuah panorama alam yang jarang ada di pantai lain karena di pantai parangtritis mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri. Seperti halnya aktivitas pengunjung pantai parangtritis, ada yang menikmati sunrise dengan membakar janung ada juga yang bermain mengendarai kuda atau orang jawa menyebutnya DOKAR dan itu merupakan salah satu pembeda dari pantai lainya di Indonesia.

Keindahan yang sama dengan pantai lainya terutama di pantai pulau gili Lombok ialah sebuah permainan laying –layang dan mekakai kendaan yang tidak berpolusi seperti kereta kuda dan sepeda ontel. Jangan sampai ketinggalan ya gaes dengan wisata pantai ini.

 
Foto Dari : commons.wikimedia.org


Fasilitas Pemandangan Laut yang Unik di Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta 

Untuk membahas fasilitas di pantai ini juga tak kalah menarik dengan pantai lainya salah satu fasilitas menarik di pantai ini adalah penyewaan kereta kuda, karena kalau kamu ke pantai parangtritis tidak menyewa ini sama halnya kamu berada di pantai yang lainya. Yogyakarta terkenal dengan budaya yang kental makanya di pantai ini mempunyai keunikan budaya yang kental seperti contoh fasilitas kereta kuda.

Fasilitas lainya adalah yang sama dengan pantai lainya tempat mandi dan wc serta di sini juga terdapat gerdu atau gazebo buat kamu yang sedang melakukan beristirahat dan melepaskan penat.

Di pantai ini juga kamu bisa membawa oleh oleh souvenir khas jogja yang disediakan oleh warga di pantai parangtritis. Souvenir ini sangatlah unik dan menawan seperti kalung dan gelang dan ada juga souvenir yang berbau dengan mistis.hhee

Sejarah Pantai Parang Tritis dan Misteri Kerajaan Pantai Selatan

Sejarah parangtritis merupakan sejarah yang patut kita pelajari meskipun kamu semuanya tidak kalangan mahasiswa jurusan sejarah. Karena wisata parangtritis mempunyai sejarah yang dikenal dengan seorang zaman dahulu yang dari kalangan kerajaan majapahit.

Dipokusumo adalah salah satu seorang yang dulunya melarikan diri dari kerajaan majapahit. Sangat bersemedi dipokusumo menemukan sebuah air yang menetes dan mengalir ke dia yang mana air yang menetes disebut dengan tumaritis dari celah batu karang. Dan batu karang disebut dengan parang. Kemudian disambunglah dua kata tersebut menjadi parangtritis yang mempunyai arti air yang menetes dari sebuah batu karang.

Cerita yang unik lainya adalah latar belakang penamaan pantai parangtritis. Pantai yang mana dikuasai oleh ratu kidul ini memiliki kisah dan sejarah yang mistis karena pantai ini mempunyai hubungan dengan pantai jawa yang berada di selatan. Entah itu hanya mitos atau cerita dongeng fiktif belaka namun warga jogja banyak yang meyakini bahwa keberadaan kerajaan ratu kidul itu ada.

Konon dulu ada seorang perempuan yang mempunyai tugas atau mandat dari kerajaan majapahit untuk bersemedi dan menjaga pantai ini. Perempuan tersebut bernama Ratna Suwadi. Selama penjaannya di pantai parangtritis dia bertemu dengan seorang pangeran yang berasal dari kerjaan pajajaran dan seorang pangeran tersebut adalah kemenakan dari Ratna Suwida. Selama bertemunya pangeran tersebut lama-lama mereka saling mencintai dan berniat untuk menikah. Dan inilah bukti bahwa hubungan antara kerajaan selatan dan kerajaan kawasan tanah jogja yang sampai sekarang masih mempunyai hubungan erat antara pantai selatan lainya dengan pantai parangtritis jogja.

Kisah yang lainya yang terkenal dari pantai ini sampai sekarang banyak dari warga jogja meyakini bahwa pada hari kamis malam atau malam jum’at aktivitas warga jogja melakukan pensucian keris dengan air laut pantai parangtritis. Selain itu juga ada sebagian warga yang melakukan semedi di pantai ini.

Sebagai mana pada film yang berjudul dengan Keramat Jogja yang mana di pantai ini adalah salah satu gerbang utama para mahkluk halus. Jadi bagi kamu percaya atau tidak dengan adanya mitos dan kisah sejarah parangtritis saya sarankan untuk berhati-hati ya. Jangan sampai kamu merusak lingkungan pantai ini. Memang biasanya para penjaga pantai selatan atau guide pantai yang membrefing para pengunjung tentang tata aturan pantai. Seperti halnya dengan pantai selatan yang berada di malang yaitu pantai banyu anlok yang mana kata teman saya cerita kalau di pantai tersebut terdapat larangan bagi pengunjung untuk memakan jeruk ketika sedang berenang di pantai yang mana akan mengakibatkan ombak yang dasyat menimpa korban. Itu salah satu cerita teman saya yang pernah kepantai banyu anjlok.

Baca Juga : Jalur Wisata Pendakian Gunung Argopuro,Misteri Kawah dan Hilangnya Dewi Rengganis
Tambahan : untuk ariktel tentang Pemandangan Laut yang Unik di Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta dan Kisah Sejarah Misteri Kerajaan Pantai Selatan Saya tidak beritahu tentang estimasi biaya faslitas dalam pantai seperti penyewan sebuah kereta kuda,laying-layang dan lainya karena informasi tentang estimasi biaya bisa berubah-ubah. Saya hanya beritahu tentang masuk pantai parangtritis saja.

Oke terima kasih bagi kamu yang sudah membaca artikel tentang Pemandangan Laut yang Unik di Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta dan Kisah Sejarah Misteri Kerajaan Pantai Selatan semoga bermanfaat ya. Dan bagi kamu yang merasa ada kesalahan dengan aritkel ini kamu bisa ngasih saran di bawah dan berkomentar. Dan bagi kamu yang mersa puas dengan artikel kami kamu bisa share ya. Ke teman – teman kamu yang mau nbyari liburan ke pantai. Semoga aja bermanfaat . terimakasih.

Salam mari bolang yukkk

Related Posts:

0 Response to "Pemandangan Laut yang Unik di Wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta dan Kisah Sejarah Misteri Kerajaan Pantai Selatan"

Post a Comment