Jalur Pendakian Gunung Blue Fire Kawah Ijen di Banyuwangi, Keindahan Blue Fire di Malam Hari


Jalur Pendakian Gunung Blue Fire Kawah Ijen di Banyuwangi, Keindahan Blue Fire di Malam Hari
GUNUNG KAWAH IJEN

Gunung Kawah Ijen- merupakan gunung yang berlokasi di banyuwangi,jawa timur. Gunung yang yang masih aktif sampai sekarang dan mempunyai ketinggian 2.443 meter diatas permukaan air laut merupakan gunung yang digemari oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Banyak dari wisatawan yang ngetrip di banyuwangi terutamanya para wisatawan jika mengunjungi banyuwangi kebanyakan dari meraka tak akan melewatkan untuk mendaki gunung ini. Meskipun di banyuwangi sendiri mempunyai kebudayan tahunan yang sangat banyak dan menarik. Kawah ijen tidak akan lepas bawi para pengunjung untuk mengunjungi gunung ini.

Gunung kawah ijen merupakan gunung yang terkenal dengan kawahnya yang mana tiap malam hari pemandangan kawah gunung sangatlah indah bewarna biru keapiapian. Gunung yang berkaldera setinggi 300-500 meter sedangkan luasnya kalderanya mencapai 5.466 hektar sangat luas sekali dibanding gunung lainnya. Kawah ijen merupakan gunung yang terletak di 3 kabupaten yaitu situbondo ,bondowoso dan banyuwangi, namun akan tetapi gunung ini lebih terkenal lokasinya di banyuwangi.

Gunung yang dinotabenakan banyak pengunjung ini juga pernah meletus sebanyak 4 kali.yaitu pada tahun 1796,1817,1913 dan 1936, kawah ijen terletak di bawah puncak ijen yang mana di situ terdapat pertambangan belerang. Bagi pengunjung akan melihat para warga yang sedang mengangkat bebatuan belerang.

Keindahan Gunung Blue Fire Kawah Ijen 

Jalur Pendakian Gunung Blue Fire Kawah Ijen di Banyuwangi, Keindahan Blue Fire di Malam Hari
KAWAH GUNUNG IJEN

 


Gunung kawah ijen obyek wisata yang sangat digemari para pecinta alam karena gunung ini mempunya banyak keunikan dan keistimewaan dibandingkan gunung lainya.

Terutama keindahan gunung ini terletak di kawah gunung.yang memiliki warna hijau kebiru-biruan.kawah yang sangat luas dengan pemandangan masyakat sekitar yang berbondong-bondong mengangkat bebatuan belerang di pundaknya.

Keindahan selanjutnya yaitu dimalam hari para wisatawan akah disuguhkan sebuah panorama alam yang exotic yaitu sebuah blue fire.atau disebut dengan api biru.bianya api biru ini terjadi di malam hari karena kalau di siang hari tak seberapa kelihatan.

Keindahan lainnya terdapat di puncak gunung yang akan di suguhkan sebuah pemandangan yang sangatlah indah. Yaitu pemandangan gunung lainnya seperti Gunung Agung Bali dan tampak pantai-pantai banyuwangi dan bali seperti pantai red island yang berada di banyuwangi dan pantai kuta bali. Selain itu juga terpadat panorama indah di kawah gunung yang tampak dari puncak gunung.Keindahan lain yang sama halnya dari gunung lainnya yaitu sunrise di puncak gunung.

Di gunung ini tak akan sepi meskipun tidak hari weeken,karena gunung ini memang sangatlah asik dan menantang bangi para pendaki. Terutamanya para pothografer turis yang akan mengambli gambar gambar alam.

Transportasi Menuju Gunung Kawah Ijen


Untuk bertujuan ke kawah ijen anda akan berpergian dengan transportasi dulu, bisa menggunakan dengan transportasi umum,seperti bus atau transportasi kendaraan pribadi. Jalur transportasi memiliki 2 jalur yaitu,:

· Jalur Timur


· Jalur Barat

Untuk transportasi lewat jalur timur semisalnya posisi anda di Denpasar bali,kemudian di terminal Denpasar anda akan memilih bus yang berpergian ke banyuwangi, perjalanan tersebut akan memakan waktu kurang lebih 6 -7 jam. Kemudian anda berpergian ke Jambu,dari banyuwangi ke jambu memerlukan waktu sekitar setengah jam lalu langsung ke kawah ijen dengan durasi sekitar 6-7 jam dengan jalan kaki.

Kemuadian transportasi jalur barat.semisanya posisi anda di Surabaya nanti anda akan mengambil bus yang bertujuan ke arah bondowoso kemudian akan menuju ke sempol yang akan memakan waktu kurang lebih 11 jam,lalu di sempol memakai bus kea rah banyupait,na kemudian kita akan memakai carteran dari banyupait ke arah paltuding, dari paltuding akan menuju ke kawah ijen dengan jarak 3 km.

Jalur Pendakian Gunung Kawah ijen.


Untuk rute perjalanan pertama yaitu di lokasi paltuding, yang akan menuju ke bibir kawah gunung. Dengan perjalanan yang memakan waktu 2 jam untuk sampai di bibir kawah ijen. Perjalanan ini lumayan menanjak dan juga banyak orang dari lereng gunung ini yang mengangkat sebuah belerang.



Perjalanan wisata ke kawah Ijen, dimulai dari Paltuding yang merupakan sebuah pos Perhutani di kaki gunung Merapi-Ijen. Dari sini terdapat jalan tanah menanjak ke ketinggian 2.400m dengan waktu tempuh 2 jam dengan berjalan santai. Tiba di bibir kawah, pemandangan menakjubkan akan segera tersaji di depan mata. Sebuah danau hijau dengan diameter sekitar 1 km yang berselimutkan kabut dan asap belerang berada jauh dibawah. Dari sini pengunjung bisa melihat penambang-penambang belerang yang berada di dekat danau.Untuk menuju ke danau, pengunjung harus menuruni bebatuan tebing kaldera melalui jalan setapak yang juga biasanya dilalui oleh para penambang. Sapu tangan basah disini sangat diperlukan, karena seringkali arah angin bertiup membawa asap menuju ke jalur penurunan.

Setelah itu pendaki bisa langsung pergi ke puncak gunung yang mana jalanya gersang kebanyakan rute jalur pendakian gunung ini gersang.tak banyak tumbuhan.

Perjalanan pendaki biasnya melakukan pendakian dari bibir kawah ke puncak dimulai pada pagi hari sekitar jam 2. Karena kebanyakan dari pendaki menanti di puncak untuk melihat sunrise di pagi hari.

Baja Juga : Mengenang Sejarah Letusan Gunung Tambora yang Mengalahkan Kedasyatan Gunung Krakatau


Oke terima kasih bagi kamu pecinta bolang yang sudah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini yang berjudul jalur pendakian gunung blue fire kawah ijen di banyuwangi. Dan kalau bagi kamu artikel ini tak menarik kamu bisa tinggalkan saran pada komen di bawah ini, tapi jika kamu suka dengan artikel ini kamu bisa share dan follow or like. Terima kasih.



Related Posts:

1 Response to "Jalur Pendakian Gunung Blue Fire Kawah Ijen di Banyuwangi, Keindahan Blue Fire di Malam Hari"

  1. Kawah ijen memang tidak pernah membosankan untuk dinikmati. Salah satu pariwisata di Banyuwangi yang menarik banyak minat wisatawan. Disini juga sering digelar event-event menarik seperti festival musik jazz dll.

    Sewa Mobil Banyuwangi

    ReplyDelete