Jalur pendakian Gunung Gede - Pangarango Via Cibodas

Jalur pendakian Gunung Gede - Pangarango Via Cibodas
 Gunung Gede - Pangarango


Gunung Gede Pangrango – merupakan gunung yang banyak berkontribusi terhadap masyarakat sebagai pengurangan kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan. Gunung gede pangrango berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede pangrango. Gunung ini tergolong gunung yang tinggi karena memiliki ketinggian 3,019 mdpl yang mana gunung tertinggi nomer 2 di jwa barat. Gunung ini juga mempunyai daya tarik bagi pengunjung, selain dari pendaki namun para peneliti juga banyak dikarenakan gunung pangrango memiliki kawasan yang luas sehingga gunung ini memiliki tumbuhan dan tanaman yang unik, kawasan taman gunung ditutupi oleh hutan tropis,

Keindahan gunung ini sangatlah bagus dan pastinya anda bagi para pendaki tidak akan kecewa,karena ada beberapa view dan tempat yang unik dan indah,namun anda juga harus mejaga perilaku dan sikap anda, supaya gunung ini tidak rusak,contoh dari keindahan gunung ini berlokasi di tengah hutan terdapat Telaga Biru. Telaga yang exsotis dan cantik yang memiliki suasan alam sejuk dan segar,air di telaga ini terlihat berwarna biru karena disebkan ganggang biru di perairan telaga yang berjumlah banyak. Yang kedua yaitu Curug Cibereum setelah perjalanan dari telaga biru anda akan melewati 2 jaur persimpangan, yang mana persimpangan ini terdapat tempat yang indah dan unik yaitu Curug Cibereum,dua jalur tersebut kalau ngambil arah ke kiri akan menuju ke puncak gunung dan kalau ke kanan akan menuju ke Curug Cibereum, ditempat yang indah ini anda akan bisa menikmati sejuknya ir terjun gunung dan bersantai sejak menghilangkan rasa lelah pendakian. Dan selanjutnya yaitu Sumber Air Panas Gunung yang mana terletak di jalur pendakian dari pintu masuk gunung perjalanan kurang lebih 3 jam. Untuk keindahan ini anda langsung bisa merasakan airnya yang begitu hangat,namun pendaki juga harus berhati hati karena tiap jalur disini banyak airnya jadi banyak rawan untuk terpeleset akan tetapi biasanya guidenya akan memberi tali untuk pegangan dan masih banyak lagi keindahanya.

Untuk perijinan pendakian gunung gede pangrango ini sangatlah ketat dan rumit karena gunung ini banyak sekali yang berminat untuk berkunjung, bukan hanya pendaki saja yang berkunjung akan tetapi para peneliti dan pengamat gunung. Setiap pendaki atau pengunjung gunung harus memiliki (SIMAKSI) atau Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi yang dapat diminta di balai besar gunung gede. Untuk mendapatkan surat tersebut pendaki bisa daftar secara offline dan online kalau mau online bisa akses ke situs resmi perijinan pendakian di http://www.gedepangrango.org/online-booking. Di situs ini adalah sudah lengkap penjelasan cara melengkapi persyaratan pendaftran anda ke gunung ini.


Jalur pendakian Gunung Gede - Pangarango Via Cibodas
 Gunung Gede - Pangarango

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango


Untuk jalur pendakian terdapat 3 jalur menuju puncak gunung diantaranya :



· Jalur Cibodas

· Jalur Gunung Putri

· Jalur Salabintara

Untuk tiga jalur ini anda saya sarankan untuk memilih jalur Cibodas karena jalur ini banyak yang diminati oleh para pendaki dengan alasan keindahan gunung banyak yang berda di jalur cibodas, seperti halnya Telaga Biru,Sumber Air Panas dan Curug Cibereum atau air terjun dan keindahan lainnya. Dan pastinya tidak akan mengecewakan bagi kamu pencinta alam dan kali ini saya akan menceritakan jalur cibodas saja,

Jalur Pendakian Gunung Gede dan Gunung Pangrango Via Cibodas

yang pertama semisal kita dari Jakarta kemudian kita memilih bus yang akan berangkat ke Jakarta-bandung. Nanti pendaki akan di turunkan di pertigaan cibodas,lalu kemudian anda akan naik mobil yang mempunyai tujuan kea rah taman raya cibodas. Disini pendaki bisa ngecamp di dekat kantor taman cibodas.

Kemudian jika bagi anda yang sudah siap untuk mendaki anda bisa pergi ke pos pendaftaran cibodas,sebelum melakukan pendaftaran ulang anda harus mengecek dulu surat yang anda daftar sebelumnya.jangan sampai hilang karena anda tidak akan bisa mendaki, gunung ini beda dengan gunung yang lain,gunung ini sangatlah rumit cara pendaftrannya. .

Oke langsung menuju pendakian, yang pertama anada akan ke hutan tarentong,selama rutu ini masih terdapat tanaman-tanaman taman dan hutan tropis yang lebat, kemudian kita akan mejunu ke Telaga Biru yang gak seberapa jauh dari hutan tarentong.

Perjalanan dari tarentong ke telaga salatiga tidak terlalu jauh hanya membutuhkan kurang lebih 30 menit.di Telaga Biru ini kebanyakan para pendaki mampir dan ngecamp,walaupun perjalanan masih jauh,akan tetapi dari tarentong ke telaga biru terdapat trek atau jalur yang banyak batunya,maka dari itu setiap pemimpin dan tim pendaki harus selalu kompak,

Kemudian selesai dari telaga biru kita akan pergi ke rawa panyangcangan,perjalanan ini juga tidak seberapa jauh yaitu sekitar 30 menit.lokasi rawa panyangcangan dimana lokasi tersebut terdapat rawa yang banyak dan itulah dinaman panyangcangan, di lokasi ini terdapat persimpangan 2 jalur yang mana jika kita memilih terus kita akan pergi ke puncak gunung dan jika kita belok ke arah kanan kita akan menuju kea rah Curug beureum,akan tetapi biasanya para pendaki tidak mau melewati keindahan air terjun ini dikarenakan sangatlah bagus pemandangan air terjun tersebut saking bagusnya para pendaki berlama-lama dan bersantai-santai di curug ini,bahkan ada banyak juga yang ngecamp di latar air terjun dan itulah sebagian keindahan gunung ini dan masih banyak keindahan lainnya yang pastinya anda akan merasakan daya tarik untuk mendaki gunung ini.

Sesudah itu kita langsung kembali lagi ke persimpangan 2 jalur tadi dan memilih kea rah lurus yaitu ke arah puncak 2 gunung.perjalanan selanjutnya akan pergi ke Rawa Denok 1. Di rawa denok 1 ini akan terdapat jalan yang sudah dibentuk oleh pihak pemerintah dengan jalan berbeton. Jalannya sangat aman dan banyak rawa di samping-samping jalan beton. Jalan berbeton ini sampai ke rawa denok 2.

Kemudian akan dilanjutkan ke batu kukus 1. Perjalanan disini terdapat banyak bebatuan yang besar dan kecil,agar lebih berhati hati dikarenakan selain lancipnya batu yang kecil akan tetapi juga licin.

Kemudian menuju ke Batu Kukus 2, jalanya pun sama banyak batu akan tetapi di lokasi ini banyak batu yang unik sehingga banyak para pendaki yang ngambil view pemandangan di sini.

Sesampai dari batu kukus 2 kita akan menuju ke Pondok Pemandangan. Disini terdapat rumah pondok kecil yang bisa dibuat break dan bersantai santai untuk menghilangkan rasa capek. Pendaki juga bisa melihat pemandangan bawah gunung yang kelihatan exsotis dan menawan.

Perjalanan berikutnya menuju ke Sumber Air Panas.yang jaraknya gak seberapa jauh dari Pondok Pemandangan.sekitar kurang lebih 20 menit.

Lalu ke kandang batu, di tempat ini banyak pendaki yang ngecamp disini dikarenakan mempunyai latar yang luas.perjalanan berikutnya menuju ke Panca Weuleuh yang mana tempat ini memiliki sebuah air terjun kecil.

Sesampai itu melanjutkan perjalanan ke kandang badak, di lokasi inilah terdapat 2 jalur yang akan menentukan anda ke 2 puncak gunung. Yaitu jika anda mengambil arah ke kanan pendaki akan menuju kearah puncak gunung pangrango ( 3,019 mdpl ) dan jika anda mengambil arah ke kiri akan menuju ke Puncak Gunung Gede ( 2,958 mdpl ).

Oke sahabat maribolangyuk terima kasih sudah berkunjung dan telah menyempatkan waktunya untuk membaca artikel tentang Jalur pendakian Gunung Gede - Pangarango. Semoga bermanfaat.










Related Posts:

0 Response to "Jalur pendakian Gunung Gede - Pangarango Via Cibodas"

Post a Comment