Jalur Pendakian Gunung Butak Malang,Keindahan Sabana Gunung Butak (2868 MDPL)


Jalur Pendakian Gunung Butak Malang,Keindahan Sabana Gunung Butak
GUNUNG BUTAK

Gunung Butak Malang – merupakan gunung yang berlokasi di batu malang.gunung ini mempunyai ketinggian 2868 meter diatas permukaan air. Gunung ini menurat saya tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan gunung seperti semeru,arjuno,rinjani dan lain lain yang memiliki ketinggian diatas 3000 meter diatas permukaan laut. Akan tetapi gunung ini mempunyai trek yang jauh kerena kebanyakan treknya tak banyak yang menanjak.

Gunung butak kenapa dijuluki dengan gunung butak.dilihat dari namanya saja kalau kita orang jawa pasti sudah yang banyak mengerti.ya butak adalah kata bahasa jawa yaitu botak yang tak ada rambut atau plontos. Asal usulnya dulu gunung ini tak terlihat kalau ada tumbuhan yang tinggi di gunung ini.jadi kalau terlihat jauh gunung ini seperti gunung yang tak punyak pepohonan seperti orang yang tak punya rambut atau gundul.

Gunung butak selain mempunyai julukan dengan gunung gundul akan tetapi juga di juluki dengan gunung putri tidur.karena kalau terlihat jauh juga gunung ini dari bawah sampai puncak seperti putri tidur.
RUMPUT UNIK GUNUNG BUTAK


Gunung ini terdapat hal hal yang menarik yang kita akan bahas. Seperti contoh halnya ada padang luas yang terletak di puncak dan di bawah puncak. Mungkin bagi anda yang pernah kesana pasti tak terdengar asing dengan Padang Sabana. Padang Sabana ialah halaman yang luas yang terdapat sebuah rumput yang hijau dan mempunyai keunikan yang luar biasa. Disini anda pasti akan mesakan panorama alam yang indah dan sejuk. Di sabana juga terdapat aliran air bersih dari sumber gunung. Biasanya para pendaki menyempatkan untuk ngecamp disini karena kebanyakan para pendaki menganggap bahwa ini adalah post terakhir.

POS PENDAFTARAN


Jalur Pendakian Gunung Mbutak

Untuk pendakian gunung mbutak terdapat 4 jalur untuk menuju puncak. Namun disini saya akan menjelaskan jalur via gunung panderman batu,mengapa? Karena banyak dari pendaki yang melakukan pendakian memilih jalur ini karena jaluir ini banyak keunikan dan keindahan tersendiri dan berikut jaur pendakiannya

· Jalur pendakian via gunung panderman,Batu

· Jalur sirah kencong ,Blitar

· Jalur perinci,Dau

 · Jalur gunung kawi,Kepanjen

Oke mulai dari transportasi semisalnya anda posisi di Surabaya. Anda harus menuju ke terminal Bungurasih kemuadian milih bus yang turun di terminal Arjosari Malang.dari situ nanti anda akan memilih mirkolet AL dan anda akan di turunkan di terminal Landungsari,malang.kemudian naik bus ke arah batu,bilang ke pak supir mau turun di gunung panderman batu. Dari situ anda akan diturunkan di desa lereng gunung panderman,anda bisa menyewa ojek pangkalan untuk ke pos panderman.

Oke langsung ke pendakian gunung, setelah di pos pendaftaran anda akan dikenakan membayar 7 ribu tiap orang. Awal pendakian agak lumayan menajak akan tetapi jalurnya masih bagus dan berbeton. Diajalur ini masih banyak rumah masyakata yang banyak menyediakan makanan.

Sehabis itu anada akan menemukan 2 jalur yang mana 2 jaur tersebut kalau kita ngambil lurus akan menuju gunung panderman,kalau ngambil arah ke kanan akan mengambil jalur ke gunung butak. Namun kita pastinya akan mengambil ke kanan,karena dasarnya kita akan menuju ke gunung butak.

Di gunung butak tidak ditemukan adanya pos,namun biasanya para pendaki break atau ngecamp jika mereka menemukan sebuah latar yang tergolong luas dibuat ngecamp.

Perjalanan selanjut anda akan menemukan pertigaan dari jalur dau.di jalur ini terdapat pepohonan yang bekas kebakaran.

Sesampai itu pendaki biasanya langsung ke padang sabana yang mana tempat ini pas dan cocok untuk ngecamp para pendaki.

Di lokasi sabana gunung mbutak banyak tempat untuk berfoto diakrenakan keunikan tumbuhan yang bertebaran di lokasi ini. Pendaki rata rata meninggalkan barang barangnya ke tenda karena jarak sabana ke puncak tidak terlalu jauh sekitar 1 jam,namun treknya sangat ektrim, banyak batu-batu dan licin. Untuk sampai ke puncak ada dua jalur. Kearah lurus atau ke kanan.kalau kita ngambil ke arah lurus nanti akan lebih lama namun jalurnya landai tak seberapa menanjak. Di arah lurus nantinya anda menemukan sebuah kuburan satu orang. Konon kuburan tersebut adalah manusia yang hidup di jaman dulu,kuburannya sangat panjang kurang lebih sampai 3 meter. Akan tetapi saya sarankan mending ke arah kanan saja karena lebh cepat.

Sesampai di puncak gunung, yang mana puncak gunung ini terhamparkan,latarnya sangat luas. Anda bisa mengambil foto dari puncak ini.akan juga kelihatan gunung lainya.sperti gunung panderman,arjuno,kawi,semeru dan lain lainya.


Dan Dibawah ini merupakan foto-foto para pendaki gunung butak





BACA JUGA : Jalur pendakian Gunung Gede - Pangarango Via Cibodas

Oke sahabat maribolangyuk terimakasih untuk berkunjung ke blog kami.semoga bermanfaat artikel ini tentang Jalur Pendakian Gunung Butak Malang.







Related Posts:

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Butak Malang,Keindahan Sabana Gunung Butak (2868 MDPL) "

Post a Comment