Jalur Pendakian Gunung Agung Denpasar Bali, Wisata Gunung Bali

Jalur Pendakian Gunung Agung Denpasar Bali, Wisata Gunung Bali
GUNUNG AGUNG DENPASAR BALI

Gunung Agung – Adalah gunung yang berlokasi di salah satu pulau yang terkenal di kancah internasional yang memiliki banyak pengunjung dari luar negri,yaitu pulau bali, gunung ini masih aktif yang mana dulu sekitar tahun 1963 gunung agung pernah meletus, terutamanya kabupaten karangasem yang dulunya kena asap dan belerangnya jatuh ke kota ini,dan mengakibatkan kehancuran yang cukup parah.

Konon gunung agung adalah gunung yang terdapat mistis-mistis tentang para roh leluhur, terutamanya para masyakat sekitar yang berama hindu,karena banyak yang mengatakan bahwa gunung agung dipercayai sebagai tempat tinggal roh leluhur.

Gunung Agung merupakan salah satu gunung yang mempunyai katagori gunung yang tergolong tinggi yaitu 3.014 meter diatas permukaan laut. Gunung yang memiliki kawah yang cukup besar dan dalam dan kawah tersebut terkadang-kadang menyemburkan asap dan belerang sampai permukaan. Gunung agung memliki tempat yang mana sangat dijaga kesuciannya oleh masyarakat bali yang beragama hindu yaitu tempat yang berlokasi di kaki gunung agung dan mesyarakat sekitar menyebut tempat ini dengan Pura Besakih. Pura Besaki ini merupakan pura terbesar di bali.kita bisa mendapat view gunung agung yang bagus jika kita berada di pura ini, view ini akan terlihat unik yang mana akan gunung agung terlihat berbentuk kerucut dan unik dan padahal gunung ini berbentuk panjang yang didalamnya terdapat kawah yang memanjang.

Jalur Pendakian Gunung Agung
untuk mendaki gunung agung kita harus mengerti waktu pendakian yang tepat dan tata cara mendaki dikarenakan biasanya masyarakat bali sering mengadakan acara keagaaman dan ritual di hari besar masyarakat sekitar gunung dan itu dilarang bagi para pendaki untuk mendaki,kemudian harus mengerti tata santun naik gunung seperti halnya menjaga ucapan dan menjaga agar tidak merusak tanaman dll,dan dilarang bagi pendaki membawa danging sapi.

Oke jalur pendakian gunung agung mempunyai 3 jalur pendakian yaitu :

1. Jalur melewati pura besakih

2. Pura pasar agung

3. Budakeling lewat nangka

Pada umumnya pendakian ini kebanyakan para pendaki melewati jalur pura besakih, kecamatan rending,kabupaten karangasem,sedangkan jalur pura pasar agung sangatlah sepi walaupun jalur ini lebih cepat akan tetapi tidak bisa membawa kita ke puncak tertinggi dari gunung agung dan sampai sekarang sudah tidak ada yang melewati jalur ini lagi.

Ketika hendak mendaki anda diharuskan menyewa guide yang sudah disediakan oleh pihak masyarakat gunung, yang mana untuk penyewaan guide ini kisaran dngan harga 700.000 ribu untuk 4 orang.

Jalur Pendakian Gunung Agung VIA Pura Besakih
1. Besakih

Untuk menuju ke besakih sekitar 2 jam dari pantai kuta bali dan jalannyapun tak begitu rumit bisa menggunakan aplikasi google maps di hp kamu bagi kamu yang gak pakai kendaraan umum sih.kemudian sesampai di besakih kita akan menuju ke pura penggubengan kurang lebih 2km lah,untuk jalan kesana jalanyapun agak landai. Sesampai di pura ini, ikita akan menyewa guide dan mendaftarkan diri kita, di pura ini terdapat 2 warung anda bisa bersantai sejenak diwarung ini.

2. Menuju Pos 1

Untuk perjalanan menuju pos 1 membutuhkan waktu gak seberapa banyak sekitar 1 jam kalau dengan langkah cepat,rute ini juga masih banyak yang landau, dan sudah memasuki hutan gunung

3. Menuju Pos 2

Untuk menuju pos dua jalannya sudah mulai menanjak, jalan yang landau udah tidak kelihatan lagi, sebelum sampai di pos 2 terdapatsumber air suci yang mana pendaki dilarang ngambil hanya kecuali guidenya saja yang mengambilkan.dan dipos ini bisa dibuat untuk ngecamp

4. Menuju Pos 3

Rute menuju kepos 3 dari pos 2 diperlukan satu jam lebih. Di pos 3 ini banyak masyarakat bali menyebutnya dengan Kori Agung,tempatnya sangat extrim yaitu di sisi tebing batu.

5. Menuju puncak gunung agung

Perjalanan mejunu puncak dari kori agung memerlukan 1,5 jam yang mana terk ini kita harus lebih berhati hati,dikarenakan trek ini sudah banyak kabut kawah gunung dan menanjak,setelah sampai di puncak gunung anda akan bisa melihat view yang indah di puncak ini, seperti halnya view gunung rinjani yang tampak begitu indah dari penglihatan gunung ini, dan masih banyak lagi view yang mempesona yang tampak di gunung agung.

BACA JUGA : Jalur Wisata Pendakian Gunung Argopuro,Misteri Gunung Argopuro Yang Terselubung

Oke terima kasih sahabat bolang yang udah membaca artikel ini ya, tentang jalur pendakian gunung agung di Denpasar bali

Related Posts:

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Agung Denpasar Bali, Wisata Gunung Bali"

Post a Comment