Jalur Pendakian Gunung Semeru Via Watu Rejeng,Keindahan Ranu Kumbolo

 
GUNUNG SEMERU

Gunung Semeru – merupakan Gunung yang tertinggi di jawa yang mana ketinggiannya 3.676 meter dari permukaan laut. Gunung ini sangatlah terkenal di teliga para pencinta alam dan kalangan selebritis Indonesia,karena gunung difilmkan pada tahun 2013 lalu yang di perankan oleh artis termashur di kalangan artis lainnya. Film yang di perankan oleh artis ralinsah,pevitapearce ini dinamai film dengan judul 5 CM.

Guung semeru mempunyai sebuah danau yang esotik dan unik.dananu yang mana banyak peninggalan-peninggalan sebuah petilan dari kerajaan jaman dahulu. Danau tersebut ialah danau Ranu Pani,Ranu Kumbolo dan Ranu Regolo.

Gunung semeru adalah gunung yang banyak sekali pengunjungnya,sampai saking banyaknya para pendaki tak bisa langsung pendaftaran secara offline atau pendaftaran ditempat pos pendaftaran gunung.pendaki biasanya memboking sebelum hari pendakian.jarak waktu pembokingan biasanya sampai mingguan bahkan bulanan,bulanan jika di libur dan bulan agustus. Seperti halnya Gunung Gede-Pangrango di bogor yang banyak pengunjungnya namun masih banyak pengunjung dari gunung semeru. Peminat gunung ini tidak hanya dari kalangan mahasiswa saja namun dari kalangan pegawai.komunitas dan lain lainya.

Keindahan Gunung Semeru
Gunung Semeru adalah gunung yang mempunyai keindahan yang luar biasa dan keindahan tersebut banyak para pendaki yang berfoto untuk di dokumentasikan. Sangatlah mempunyai daya tarik yang luar biasa. Keindahan tersebut saya akan menceritakannya dibawah ini.

1. Ranu Kumbolo 

Ranu kombolo adalah salah satu keindahan yang sangat terkenal dikalangan pendaki. Di ranu ini terdapat letak yang bagus untuk di dokumentasikan.yang mana lokasi ini adalah surganya gunung semeru.

2. Tanjakan Cinta

Tempat yang mempunyai kisah dan cerita yang luar biasa. Pendaki juga bisanya tidak akan melewatkan jika mereka bertujuan ke gunung ini. Banyak dari kalangan pendaki berfoto dan membuat video layak seperti wartawan. Karena gunung ini mempunyai Sebuah keyakinan yang akan terjadi bagi anda jika anda melewati sebuah tanjakan cinta. Keyakinan tersebut sudah tidak rahasi lagi di publik remaja yang sudah pernah lihat film 5cm. yaitu sebuah keyakinan terhadap pasangan. Jika anda melihat kebelakang pas waktu itu anda mendaki di tanjakan cinta, doa anda akan tak terkabulkan. Akan tetapi itu hanya sekedar cerita. Percaya atau tidak mitos di ini sudah terdengar banyak di kalangan pendaki.

3. Kali Mati

Kali mati adalah sebuah tempat pos atau batas terakhir dari pendakian gunung ini. Lokasi kali mati merupakan tempat yang luas dan berumput layaknya seperti padang rumput. Banyak pendaki yang ngecamp disini, banyak pula yang meninggalkan barangnya di tenda.karena puncak mahameru tidak jauh dari tempat ini. Kita akan merasakamn keindahan gunung di tempat kalimati ketika malam hari. Para pendaki biasa sangat senang pada malam hari untuk mengadakan nogkrong bareng dengan api unggun.

Jalur Pendakian Gunung Semeru

Untuk pendakian gunung semeru sangatlah membutuhkan tenaga yang besar karena pendakian ini mempunyai rute-rute yang mebahyakan. Sudah banyak yang meniggal di gunung ini. Entah kenapa sebabnya. Saya hanya bisa mensarankan kalau anda mendaki di gunung ini diusahakan latihan fisik terlebih dahulu. Seperti jogging ,gegym atau lainnya yang melatih tenaga anda. Dan biasanya para pendaki diminta untuk mempunyai sebuah kartu keterangan sehat dari dokter. oke langsung saja 2 jalur tersebut adalah :

- Jalur pendakian gunung semeru via watu rejeng


- Jalur pendakian gunung semeru via ayek-ayek



Namun disini saya akan menginformasikan pada sahabat pendaki denga jalur pendakian gunungg semeru via rejeng saja. Dikarenakan banyak para pengunjung yang memakai via rejeng.

Awal Perjalanan dari Malang

Perjalanan pertama kita semisalnya di posisi malang atau di stasion malang. Kita bisa memilih atau mencari transportasi umum yang bertujuan ke pasar tumpang. Setelah itu di tumpang anda bisa mencarter jeep yang bertujuan ke taman nasional bromo tengger semeru. Biasanya para penumpang dikenakan biaya sekitar 80 ribu,namun anda bisa menego ke pak supirnya.

Watu Rejeng – Ranu kumbolo 
RANU KUMBOLO

Disini merupakan pos pertama pendakian gunung. Dipos ini anda akan mendaftar ulang dan memberikan SIMAKSI atau suratn ijin pendakian yang sebelumnya anda sudah memboking. Kemudian anda akan menemukan sebuah gapura yang bertulisan selamat dating.lalu ambil arah ke kiri, yang akan menuju ke ranu kumbolo. Untuk perjalanan menuju ranu kumbolo kurang lebih memakan waktu sekitara kurang lebih 2 jam kalau jarang break.

Ranu Kumbolo – ke Oro Oro Ombo.
Sehabis dari ranu kumbolo anda akan melewati tanjakan cinta kemudian ke oro oro ombo,yang akan memakan waktu 15 menit.di lokasi ini terdapat padang rumput yang luas.

Oro Oro Ombo – Kalimati 
KALIMATI
KALIMATI
Sehabis di Oro oro ombo anda melakukan perjalanan ke kalimati. Di perjalanan ini terdapat padang yang luas dan landau.biasanya para pendaki senang sekali untuk mengambil view sesi pemotretan dengan sebuah lading rumput disertai bunga gunung yang unik dan eksotis.perjalan disini membutuhkan waktu sekitar 3 jam lebih. Di lokasi ini juga pendaki akan melihat disekeliling terdapat sebuah gunung-gunung yang mengelilingi gunung semeru. Semisanya hal yang indah ketika kita meliahat di balik gunung kepolo yang tamapak kegagahan gunung semeru yang menyemburkan asapnya.

Setelah itu pendaki akan melewati sebuah jalan yang dikelilingi oleh cemara. Yang lokasi ini disebut jambangan yang berktinggina 3200 diatas permukaan air.lanjut ke perjalanan akan menemukan lokasi kalimati disitulah banyak pendaki yang ngecamp.

Kalimati adalah berasal dari kata bahasa jawa yang artinya danau yang mati tak ber air. Namun anda bisa mengambil air di lokasi sumbermani. Untuk jalurnya kita pergi kea rah barat.airnya memancur di celah celah bebatuan dan bersih. Bagi pendaki jangan sampai mengotori dengan sampah.di situ sangat dijaga kebersihannya oleh pihak gunung.

Kalimati – Arcopodo
Perjaanan ke arcopodo di usahakan para pendaki meninggalkan barang-barangnya di kalimati karena di arcopodo kita akan merangkak di bebatuan berpasir. Biasanya para pendaki melakukan perjalan ke arcopodo di pagi hari jam 1.00 karena sangat bangus untuk mendapat pemandangan view sunrise dan tidak banyak mengkonsumsi banyak air.

Arcopodo – Puncak Mahameru
Untuk pendakian ke puncak yang mana nantinya terdapat asap gunung yang menyembur. Dan disinilah biasanya para pendaki mengambil view tersebut Karena selain mendapatkan view yang indah dari asap gunung namun juga terbitnya matahari yang memilkki panorama yang luar biasa indahnya.

Puncak Mahameru
Samapailah tujuan pendaki di puncak gunung yang tertinggi sejawa.biasanya kalau agustusan sangat bagus untuk melakukan upacara di gunung ini.yang mana anda akan tersesan kesenangan bagi anda pecinta alam.


PUNCAK MAHAMERU
BACA JUGA : KEINDAHAN DAN JALUR PENDAKIAN GUNUNG LATIMOJONG PULAU SULAWESI SELATAN

Oke terimaksih bagi sahabat maribolangyuk yang mengunjung artikel tentang jalur pendakian gunung semeru via watu rejeng dan semoga bermanfaat ya, bagi anda yang merasa puas dengan aritikel ini anda bisa memfollow dan bagi anda yang tidak seberapa suka atau pakek banget anda bisa berkomentar di bawah.

Related Posts:

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Semeru Via Watu Rejeng,Keindahan Ranu Kumbolo"

Post a Comment