JALUR PENDAKIAN PUNCAK GUNUNG RAUNG,AKTIFITAS GUNUNG DAN ANGKER



GUNUNG RAUNG
GUNUNG RAUNG


Gunung Raung - merupakan gunug yang sangat menarik dan unik. gunung ini terletak di kota banyuwangi. gunung ini mempunyai panaroma keindahan tersendiri. untuk ketinggian gunung ini tergolong lumayan tinggi yaitu 3344 mdpl. selain itu juga gunung raung berada dalam jejeran beberapa pegunungan lainnya.diantaranya yaitu pegunungan kawah ijen yang terkenal dengan blue fire kalau malamnya sangat bagus.di puncak gunung ini kita bisa melihat gunung gunung lainnya.apalagi kalau di pagi hari terdapat pandangan yang sangat jelas kota banyuwangi.
Gunung ini meletus pada tahun 2015 kemarin yang membuat 3 bandara ditutup lagi karena terhalang oleh erupsi gunung yang telah keluar diawal bulan juni 2015.


GUNUNG RAUNG MELETUS
GUNUNG RAUNG MELETUS


Keindahan Gunung Raung 

KEINDAHAN GUNUNG RAUNG
KEINDAHAN GUNUNG RAUNG

Gunung yang memliki ketinggian yang yang tergolong tinggi ini sangatlah cocok bagi pencinta pendaki gunung untuk mengunjunginya karena selain ketinggian gunung raung ini mempunyai keindahan panaroma yang bagus dan keindahan gunug ini yang berbeda dari gunung-gunung di jawa ialah kalderanya yang merupakan berbentuk elips dengan kedalaman kurang lebih 500 meter,yang tiap hari berasap.selain itu juga terdapat puncak puncak kecil disekitar gunung raung ini.

Anda bagi para pendaki gunung bisa mendokumentasikan foto anda dengan background yang unik dan indah karena background tersebut bisa menjadikan pemandangan yang mempunyai keunikan tersendiri bagi anda,apalagi kalau menggukan kamera yang canggih pasti akan terlihat secara natural dan menarik,yang di iringi aktifitas alam bebas serta sejuknya di pagi hari dengan munculnya matahari di arah timur.sungguh menajubkan bukan,namun itu bagi anda yang bisa samapai puncak gunung di pagi hari.

Jalur Pendakian Gunung Raung 

Untuk mendaki gunung raung di perluakan stamina yang lebih dan saya anjurkan bagi anda untuk melakukan olahraga h-3 sebelum rencana mendaki,dikarenakan gunung ini selain tinggi juga mempunyai trek atau jalur yang lumayan sulit.oke langsung saja saya jelaskan ulansan jalur  pendakian gunung raung

untuk jalur pendakian gunung terdapat dua jalur yaitu
  • jalur pendakian lewat kalibaru
  • jalur pendakian lewat sumber waringin

Jalur pendakian lewat kalibaru  

Untuk menuju gunung raung anda bisa menggunakan bus atau kereta api yang akan bertujuan ke Banyuwangi kemudian turun di stasion kalibaru,kemudian anda akan diantarkan ke desa lereng gunung dengan menggunakan ojek bagi anda yang mendaki sedikit orang kalau banyak orang bisa menggunakan carter mobil yang telah tersedia di stasion tersebut.sehabis turun di desa lereng gunung kemudian akan menuju ke tempat perijinan pendakian. untuk perijinan mendaki gunung tidaklah sulit.anda bisa ijin ke bascamp perijinan yang berada di desa lereng gunung atau ijin polres kalibaru


  • Pos 1-Pos2
Awal pendakian kita akan melewati perkebunan kopi.untuk menuju ke pos 1 anda bisa ojek yang sudah di fasilitasi warga setempat.karena untuk menuju pos 1 dari desa lereng gunung sangatlah jauh.di pos 1 anda akan menemui sungai yang merupakan sumber air terakhir di jalur pendakian ini.disini bisa mengisi air untuk perjalanan berikutnya.

  • Pos 2- Pos 3
kemudian menuju ke pos 2.di pos 2 ini terdapat trek yang sangat ektrim karena banyak pohon dan semak yang berduri dan berbahya,jadi harus lebih berhati hati. di pos 2 ini ada tempat yang luas dan baik untuk tempat break dan camp bagi anda yang masih kuat anda bisa melakukan perjalan lagi,

  • Pos 3 - Pos 4
habis itu ke pos 3,di pos 3 ini jalan lebih agak menajak dan menantang lalu menuju ke pos 4 yang mana mempunyai durasi kurang lebih 2 jam,di pos ini juga terdapat pohon pohon yang berduri dan jalanyapun sempit

  • Pos 4 - Pos 5
di pos 4 trek semakin rapat dan menantang karena terdapat pohon yang berduri seperti trek sebelumnya,kemudian menuju ke pos 5,di po4 pendaki harus berhati hati karena trek gunung di pos ini licin.untuk pendaki saya anjurkan saling merapat biar nanti kalau ada kendali di jalan yang licin bisa saling berpegangan biar terhindar dari kepeleset

  • Pos 5 - Pos 6
di pos 5 ini anda bisa melakukan camp,karena ada tempat yang luamayan luas.di pos ini juga tergolong licin dan menanjak beserta banyak pohon yang berduri juga semak semak.anda bisa negcam disini kalau anda perlu istirahat

  • Pos 6 - Pos 7
lalu menuju ke pos 6 yang semakin terjal treknya,lalu ke pos 7,di pos ini banyak bunga bunga dan terlihat sangat bangus ketika kita memandang ke bawah karena kelihatan perkotaan banyuwangi,serta bibir kawah gunung sudah tampak.namun haru sberhati hati kalau mau lihat pemandangan ke bawah takutnya terpeleset.

  • Pos 7 - Pos 8
di pos 7 lebih menantang lagi karena di pos ini mendekati puncak gunung wates.di pos ini bisa di buat foto foto karena mepunyai keindahan yang menarik.di jalur menuju ke pos 8 jalan semakin menanjak dan banyak pohon besar dan berduri

  • Pos 8 - Pos 9
kemudian pos 8,di pos ini merupakan batas vegetasi jadi banyak sekali pepohonan tuwa yang kering,dan lebih menanjak lagi.dan saya sarankan harus lebih berhati- hati karena sebentar lagi akan sampai ke pos terakhir yaitu pos 9.
  • Pos 9
Pos 9 adalah pos terakhir,kemudian sampeklah kita ke puncak gunung raung yang mana puncak ini terdapat bendera negara indonesia.yang mana ini adalah tujuan pendaki.disini agak berhati hati juga ya karena di puncak gunung terdapat kawah gunung yang sering mengeluarkan asap.

Jalur pendakian lewat sumber waringin

Untuk pendakian jalur lewat sumber waringin merupakn jalur lebih mudah dari jalur lewat kalibaru.
kita memulai dari arah bondowoso setelah itu kita menuju desa sumber waringin 

  • kita memulai awal pendakian dari pos pertama yaitu pondok motor disini anda di tawarkan memakai ojek,karena dari pos ini menuju pos selanjutnya lumayan jauh dan melelahkan.
  • kemudian di pos pondok sumur.biasanya para pendaki sering break disini melakukan istirahat namun tempat ini tidaklah begitu luas
  • di pos berikutnya yaitu di pondok tonyok.dari pos pondok sumur menuju ke pondok tonyok diperkirakan kurang lebih menghabiskan waktu 3 jam.tempat ini juga lumayan luas
  • kemudian di pondok demit,disini adalah tempat yang strategis dibuat tempat camp karena halamannya tergolong luas,bisa digunakan 5 tenda.di pos ini terdapat pohon kembar besar yang berdekatan.
  • lalu pos berikutnya yaitu pondok mayit tempat ini lumayan lampang dan luas cocok buat ngecamp karena bisa digunakan  kurang lebis 9 tenda ukuran tenda 3 orang.
  • lalu sampai di pos pondok angin,pos ini sangatlah luas halamannya kayak seperti latar omboh tampa pepohonan yang lebat.disini bisa lelusa untuk berfoto karena disini lumayan bagus pemandangannya.
  • kemudian di pos deden hidayat,disini banyak ditemukan jejak prasasti orang terdahulu,trek di pos ini menuju pos selanjutnya sangatlah menantang karena treknya lumayan menajak
  • yang terakhir yaitu Puncak Gunung Raung yang sudah terlihat dari pos deden hidayat terlihat bibir kawah gunung. 

Keangkerang Gunung Raung

Gunung Raung merupakan gunung yang mempunyai keangkeran yang harus di waspadai bagi para pendaki,karena misteri gunung ini terdapat di tiap pos yang ada semisalnya adalah di pos pondok sumur,pondok demit,pondok mayit dan pondok angin,semunya mempunyai mistis.

di pondok sumur terdapat sumur yang konon dari warga setempat bahwa sumur tersebut merupakan pernah dipakai untuk seseoran jaman dulu bertapa dan dipercaya pertapaan itu masih ada.dan disini juga terdapat suara suara nagis dan mistis seperti suara hewan dan dan lainya.

kemudian di pos pondok demit terdapat sebuah aktifitas jual beli atau pasar setan.para pendaki sering bercerita kalau ngecamp di situ sering terdengar suara rame kayak seperti ada pasar di malam hari tepatnya.akan tetapi ketika pendaki keluar dari tenda tidak ada siapapun melainkan sepi.

kemudian di pos berikutnya yaitu di pondok mayit di pos ini konon para pendaki bilang kalau pos ini sangatlah menyeramkan dari pos lainnya,terdengar dari posnya saja udah sangat angker yaitu mayit atau jasat orang mati.konon pada jaman dulu ditemukan sebuah mayat yang tergantung di pohon dan mayat itu adalah orang belanda yang dibunuh.sering terdengar suara aneh aneh juga.

kemudian di pondok angin yang merupakan pos setelah pondok mayit.disini biasanya para pendaki sering melakukan ngecamp.sering terjadi mendung mendadak dan tanpa terduga dan disertai dengan kilat yang aneh seperti meraung raung.dan disebelah barat pos konon merupakan tempatnya kerajaan macan putih,singgahan pangeran tawanggulun.selain raung raung terdengar suara hewan lainnya seperti suara kuda dan hewan lainnya.

masih banyak tentang Keangkeran gunung lainnya dan saya gak bisa ceritakan sedetail mungkin.mungkin itu saja dan bisa membagikan info yang bermanfaat bagi anda.


Oke sahabat MariBolangYuk terima kasih atas kunjungannya dan membaca artikel JALUR PENDAKIAN PUNCAK GUNUNG RAUNG,AKTIFITAS GUNUNG DAN ANGKER.jangan lupa ya untuk berkunjung lagi tentang segala informasi wisata seluruh indonesia.good bye....!!!.














Related Posts:

0 Response to "JALUR PENDAKIAN PUNCAK GUNUNG RAUNG,AKTIFITAS GUNUNG DAN ANGKER"

Post a Comment