KEINDAHAN GUNUNG LAWU DI PERBATASAN MAGELANG DAN KABUPATEN KARANG ANYAR,JALUR PENDAKIAN,MariBolangYuk.

Gunung Lawu – Gunung lawu merupakan gunung yang memiliki panaroma keindahan yang sangatlah bagu sehingga gunung ini mempunya daya tarik yang luar biasa terhadap warga setempat dan para pendaki gunung.gunung ini mempunyai ketinggian yang tergolang lumayan tinggi yaitu 3.265 mdpl dari atas permukaan laut.selain itu juga gunung ini biasanya ramai dikunjungi warga setempat ketika malam tahun bar islam atau biasanya disebut “suru’an”. gunung ini merupakan gunung api  yang  telah lama tidak aktif lagi karena sudah terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi.pada dilerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung ini juga mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.

GUNUNG LAWU


Gunung lawu terletak di perbatasan antara jawa tengah dan jawa timur dan diantara kota magelang dan kabupaten karang anyar.gunung ini juga mempunyai sebuah kawah yaitu kawah condrodimuko,konon kawah ini dipercayai warga setempat sebagai tempat menggodok tokoh pewayangan yaitu raden gatutkaca,putra dari pandawa lima selain kawah Gunung Lawu adalah sumber inspirasi dari nama kereta api Argo Lawu, kereta api eksekutif yang melayani Solo Balapan-Gambir.

Jalur Pendakian GunungLawu                                       

Untuk pendakian gunung ini kita bisa melilih yang mana yang cocok bagi anda yang akan mendaki dipendakian ini terdapat 3 jalur menuju puncak gunung jalur barat  melalui cemoro kandang,jalur selatan melalui cemoro sewu dan jalur sambrang.lebih jelasnya saya akan terangkan di bawah berikut :
  •          Jalur Cemoro Kandang

Jalur kandang kandang berada di karanganyar,jawa tengah.jalaur ini lebih jauh dari jalur cemoro sewu akan tetapi jalur ini treknya gak seberapa extrim. karena tidak terlalu menanjak dan pemandangannya sangat indah. Diseberang gerbang pendakian terdapat warung-warung, juga bisa untuk menambah logistik, air juga harus dipersiapkan disini untuk perjalanan naik sampai turun lagi.

  •          Jalur Cemoro Sewu


Jalur cemoro sewu ini berada di lokasi kabupaten magetan,jawa timur yang jaraknya dari cemoro kandang sekitar 500 meter,akan tetapi jalur ini lebih menanjak dan juga agak lebih pendek di karenakan treknya gak seberapa jauh.

  •          Jalur Sambrang


Jalur yang satu ini kurang begitu jelas sahabat MariBolangYuk di karenakan jalur ini jarang yang boleh masuk hanya warga setempatlah yang boleh.


Dibalik keindahan gunung lawu gunung ini mempunyi banyak misteri maka dari itu saya anjurkan bagi kalian semua bagi para pendaki supaya berhati-hati,karena gunung ini juga banyak tempat petilan dan tempat-tempat yan harus kita jaga dan tak boleh sembrono. Oke langsung saja saya akan ceritakan sebuah Misteri Gunung Lawu.

Konon ada seorang pendaki yang mau mendaki lewat jalur cemoro sewu,mereka berjumlah 7 orang dan ketika dalam perjalanan ke pos 1 mereka terkejut bahwa dari awal pendakian mereka kehujanan mereka di ikuti burung merpati dan terdengar suara orang tertawa dan ramai bawah pos 1,setelah itu mereka ngebreak di pos 1 dan mau membuat api unggun 2 orang dari meraka ada yang nyari sebuah kayu kering tapi mereka tak menemukan satupun,lama dalam pencarian mereka berdua ditemui seorang kakek yang akan mengajak kerumahnya untuk memberikan kayu kering,rumahnya tak jauh dari pos 1,lalu setelah dari rumah itu kakek tersebut mengantarkan 2 orang tersebut ke pos 1 akan tetapi belum samapai pos 1 kakek sudah minta pamitan pulang ke rumahnya.tanpa disadari mereka berdu merasa sangat keberatan memikul kayu tersebut.sampai di pos 1 teman-teman meraka nganggap kalau mereka berdua hialang karena sudah mau menjelang pagi hari dan anehnya 2 orang ini merasa kalau perjalanan mencari kayu gak samapek 1 jam.

Mungkin anda pernah tahu bahwa ketika jaman dahulu kala samapi sekarang gunung sangatlah banyak pengunjungnya,ketika pada zaman majapahitpun gunung ini sering dibuat pertapaan.meskipun gunung ini dijuluki gunun ini mendapat julukan gunung terangker di nusantara,ya karena jaman dulu banyakk para leluhur kita sering melakukan ritual dan pertapaan.presiden soekarno dan soeharto pun pernah ke gunung ini,dan uniknya pak harto  sering melakukan ritual ke gunung ini,beliau seringkali mendaki sampai puncak sampai ia mati pun makamnya ditemapatkan di bawah lereng gunung.di kompleks astana giribangun,matesih,karanganyar.

Khususnya para penaki sudah tak kaget lagi,banyak mistis yang sering dialami pengunjung seperti di sekitar puncak gunung terdapat pasar setan yang mana malam hari serasa ramai seperti ada orang banyak yang bersuara.suasana yang yang lainya terapat di lereng,lembah gunung,tiap pos peristirahatan sampai puncakpun serasa di penuhi mahkluk gaib.


Adalagi yang pernah dialami pendaki ketika datangnya badai kabut(,ampak ampak(pedut)).usut punya usut kabut tersebut sangatlah berbahaya di karenakan kalau kita sedang perjanalan bisa tersesat jika para pendaki nekat untuk menembusanya.dan biasanya masyarakat sekitar bilang kalau ada kabut mending diam di tempat sampai kabut hilang.kurang lebinya begitulah ceritanya.

Oke sahabat MariBolangYuk terima kasih atas kunjungannya dan membaca artikel Keindahan Gunung Lawu di Perbatasan Magelang dan Karang Anyar,Jalur Pendakian.jangan lupa ya untuk berkunjung lagi tentang segala informasi wisata seluruh indonesia.good bye....!!!.

Related Posts:

0 Response to "KEINDAHAN GUNUNG LAWU DI PERBATASAN MAGELANG DAN KABUPATEN KARANG ANYAR,JALUR PENDAKIAN,MariBolangYuk."

Post a Comment